Rabu, 09 Maret 2011

10 Program Prioritas Koperasi dan UMKM 2011

Palangka Raya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kalimantan Tengah, Dra Hj Jamilah Yakob mengatakan, pada 2011 ada 10 program prioritas yang akan dilakukan pihaknya dalam upaya pengembangan koperasi dan UMKM di Kalteng. "10 program prioritas itu ada 61 ke-gitan dengan total anggaran sementara sebesar Rp4,l miliar lebih," kata Hj Jamilah Yakob, di Palangka Raya, Senin (21/2).

Hal ini katanya sesuai dengan APBD Kalteng 2011, dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan guna meneruskan dan menuntaskan pembangunan agar mendorong pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan.

Menurutnya, selain dukungan anggaran APBD provinsi dalam 10 program prioritas 2011. kegiatan ini juga didukung dari anggaran dekonsentrasi dan tugas pembantuan Kementerian Koperasi dan UMKM RI sebesar Rp4 miliar lebih. "Selain itu juga ada dana tugas pembantuan sebesar Rp4, 3 miliar lebih, untuk kegiatan revitalisasi dan pengembangan lembaga pendidikan pelatihan koperasi dan UMKM," ujarnya.

Diutarakannya, dalam pengembangan pemberdayaan koperasi di Kalteng, isu strategis dan masalah yang sangat mendesak adalah, masih rendahnya perkembangan jumlah dan usaha koperasi dan UMKM sebagai dasar penguatan struktur dan fundamental perekonomian di daerah.

"Kalteng sejak tahun 2000 sampai 2010 telah menerima bantuan perkuatan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. antara lain berupa bantuan dana bergulir dan bantuan sarana usaha produksi," terangnya.

Dijelaskannya, pada tahun 2006-2007 ada delapan koperasi penerima bantuan, antara lain, KUD Tunas Harapan Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara, berupa pembibitan sapi Bali sebanyak 100 ekor.

Bantuan lainnya juga diberikan kepada KUD Mula Membangun di Kelurahan Lahei Kabupaten Barito Utara, berupa pembibitan sapi Bali sebanyak 100 ekor.

Sumber : Koperasi dan UKM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar