Selasa, 01 Maret 2011

Tiga Koperasi Samarinda Mendapat Penghargaan

Samarinda- Hari  koperasi nasional (Harkopnas) ke 62 rencananya diperingati pada tanggal 13 Juli 2009 yang dipusatkan di Kota Samarinda dan akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
“Dalam peringatan  Harkopnas tersebut ada tiga koperasi Samarinda yang akan mendapatkan penghargaan dari Presiden SBY sebagai koperasi terbaik,” kata Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM Samarinda, Ali Mushofa saat dihubungi, Kamis (9/7).
Ia mengatakan,  ketiga koperasi yang akan mendapatkan penghargaan tersebut adalah koperasi  Primkoveri, koperasi BMT Jabal Noor dan Koperasi Karyawan Pembangunan.
Dikatakan Ali Mustofa, bahwa  dalam kegiatan Harkopnas tersebut Dinas Koperasi dan UKM Samarinda  terus melakukan  persiapan  untuk mensukseskan kegiatan tersebut, sebab Harkopnas tersebut bertarap nasional, dan dihadiri oleh Presiden sehingga harus benar-benar siap.
Menurutnya,  dinas koperasi Samarinda mengikuti sejumlah  kegiatan di antaranya  pasar rakyat dan ekspo, menampilkan sejumlah produk UKM yang menjadi binaan dinas koperasi . Ada  sekitar 1.200 anggota koperasi  dan pengurus  yang mengikuti  acara puncak Harkopnas di Stadion Sempaja.
            Ali Mustofa menjelaskan rencananya puncak peringatan Harkopnas digelar  pada 12 Juli, namun karena kesibukan Presiden sehingga di undur manjadi tanggal 13 Juli 2009.  Pelaku Koperasi Samarinda dalam kegiatan itu mengisi dua tempat yaitu  Pasar Rakyat , ada sekitar 80 stand,  dan mengisi  ekspo yang digelar Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).
“Peringatan Harkopnas di Kaltim dikemas secara meriah,  dan mempunyai peran penting sebagai soko guru perekonomian,” katanya.
Sementara itu, Koordinator Panitia Harkopnas,  Nusyirwan Ismail, mengatakan panitia  Harkopnas menyediakan sebanyak 132 stan pameran.      Pameran selain diikuti sebanyakl 33 Provinsi di Indonesia juga di ikuti oleh kabupaten/kota se Kaltim.
Dijelaskan bahwa pameran dibagi dua yakni untuk pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 33 provinsi yang diselenggarakan oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) bekerjasama dengan Kementerian Koperasi. Selain itu   pameran untuk UMKM Kabupaten/kota  se Kaltim atau Pasar Rakyat. 
            “Dari 132 stan yang disediakan 50  stan akan diisi oleh Pemprov Kaltim dan 24 stan diisi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kaltim dan  sisanya untuk 33 provinsi dan pasar rakyat menyediakan sebanyak 158 stan,” katanya.

1 komentar: