Selasa, 15 Maret 2011

Diskop Babel: Promosikan Produk UMKM di Sejumlah Daerah

Jakarta, 8/7 (SIGAP) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan mengunjungi beberapa daerah,
untuk mempromosikan produk UMKM provinsi itu.

Menurut Kepala Koperasi dan UMKM Babel Budiman Ginting, selama 2010 ini instansinya menjadwalkan tujuh kegiatan di luar daerah, dengan tujuan untuk memperkenalkan dan promosi produk UMKM serta belajar dari daerah lain agar lebih kompetitif. Demikian disampaikan Budiman Ginting di Pangkalpinang, Kamis (8/7).
Guna mendorong perkuatan koperasi dan UMKM diprovinsi itu, Koperasi dan UMKM memprioritaskan lima program pokok dengan 75 kegiatan sejak 2008 hingga 2012.
"Dari 75 kegiatan ini tidak semuanya dilaksanakan dalam setahun, namun dilaksanakan secara bertahap dan tergantung anggaran yang ada hingga 2012 nanti," katanya.
Dirinya menjelaskan, program pokok yang dilaksanakan diantaranya penciptaan iklim usaha yang kondusif, pengembangan kewirausahaan dan pengembangan kompetitif, dukungan kapasitas kelembagaan serta pemberdayaan UMKM.
Budiman Ginting menambahkan, guna mendorong perkuatan kelembagaan dan permodalan koperasi dan UMKM, dirinya akan mengaktifkan lembaga keuangan mikro yang ada di daerah.
Menurutnya, selain itu lebih mengaktifkan koperasi simpan pinjam maupun perkuatan bidang lain dari berbagai sektor, yang nantinya diharapkan menjadi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).
"Dengan mengaktifkan koperasi simpan pinjam dapat mengembangkan usaha kecil milik masyarakat dan diharapkan nantinya menjadi Bumdes," ujarnya.
Untuk itu, perlu dukungan pemerintah baik melalui anggaran APBD maupun APBN, dan mengharapkan peran serta pihak perusahaan untuk mengembangkan UMKM.
"Pihak perusahaan bisa mendukung UMKM melalui program CSR dan program lainnya yang akan kami laksanakan untuk meingkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM dan koperasi," katanya.
Terkait  hal tersebut, Ir Hapsari Laksmi Koestiati MM,  Asisten Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosoial dan Bencana (SKP BSB) menyambut positif langkah yang dilakukan Provinsi Babel melibatkan pihak swasta untuk mengembangkan UMKM. Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapat dengan bekerjasama pihak swasta. ”Salah satu manfaatnya adalah bagaimana belajar manajemen yang baik. Ada pendampingan yang positif untuk para pengusaha kecil didaerah itu,” jelasnya kepada SIGAP, Kamis (8/7).  Ditambahkan Rieke, sapaan akrabnya, bila manajemen baik maka imbaskan pada pengelolaan menjadi baik.
Ditambahkannya, UMKM biasanya terkait dengan potensi yang didaerah tersebut. “Bantuan yang diberikan oleh swasta biasanya berkaitan dengan potensi yang ada didaerah tersebut,” pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar